Pembicaraan di PBB Soal Suriah Macet

Kompas.com - 03/02/2012, 09:56 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com - Perundingan tentang rancangan resolusi Dewan Keamanan PBB yang mengutuk penindasan pemerintah di Suriah macet lagi Kamis (2/2/2012) waktu setempat, kata sejumlah diplomat, kendati ada upaya untuk memuaskan keprihatinan Rusia.

Pertemuan tersebut "tak terlalu baik", kata Duta Besar India untuk PBB, Hardeep Singh Puri, setelah pembicaraan sehari tak menghasilkan kesepakatan mengenai cara menanggapi pertumpahan darah di Suriah, yang telah menewaskan lebih dari 5.400 orang. Sementara Duta Besar China untuk  PBB, Li Baodong, yang bersama Rusia meragukan perlunya resolusi keras PBB, mengatakan, "Kami sudah dekat, tapi belum sampai di sana." "Konsultasi lebih lanjut diperlukan," kata Li.

Badan PBB itu telah terpecah selama beberapa hari mengenai rancangan resolusi yang diajukan bersama oleh Liga Arab dan Eropa yang menyerukan diakhirinya penindasan dan awal perubahan politik di negeri tersebut.

Kamis pagi, sejumlah diplomat mengatakan, mereka telah membuat konsesi utama bagi Rusia dengan mengubah rancangan untuk menghilangkan seruan bagi Presiden Suriah Bashar al-Assad meletakkan jabatan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X