Palang Merah Berjanji Tetap Bantu Somalia

Kompas.com - 03/02/2012, 02:44 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

JENEWA, KOMPAS.com - Komite Internasional Palang Merah (ICRC), Kamis (2/2/2012), berjanji tetap membantu rakyat Somalia kendati menyesalkan keputusan gerilyawan Al-Shabaab yang memerintahkan organisasi itu menghentikan operasi bantuan daruratnya di negara tersebut.

"ICRC menyesalkan keputusan Kantor Pengawas Organisasi Asing Harakat Al-Shabaab Al-Mujahidin mengakhiri perjanjian, di mana ICRC diizinkan mengirim bantuan pangan darurat di wilayah yang dikuasai Al-Shabaab di Somalia," kata ICRC dalam sebuah pernyataannya.

Sebelumnya, Senin (30/1/2012), gerilyawan Al-Shabaab melarang ICRC beroperasi di daerah-daerah yang mereka kuasai di Somalia selatan dan tengah. ICRC beroperasi di negara Tanduk Afrika itu selama 30 tahun terakhir, terutama untuk memberikan bantuan medis. Namun demikian, organisasi ini menghentikan distribusi pangan bagi 1,1 juta orang di Somalia selatan dan tengah pada 12 Januari, dengan alasan militan menghalangi pengiriman di daerah-daerah negara itu yang tengah dilanda kelaparan.

"Komite Internasional Palang Merah telah berulang kali mengkhianati kepercayaan yang diberikan kepadanya oleh penduduk setempat dan, dalam beberapa pekan terakhir ini, menuduh mujahidin (gerilyawan Al-Shabaab) menghalangi distribusi pangan," kata Al-Shabaab dalam sebuah pernyataannya, Senin.

Juru bicara ICRC untuk Afrika, Anna Schaaf, menolak berkomentar mengenai hal itu. Penghentian distribusi pangan oleh ICRC membuat menteri pemerintah Somalia memperingatkan, bahwa krisis kemanusiaan bisa memburuk.

PBB melansir, sekitar 250.000 orang Somalia sudah hidup dalam kondisi kelaparan dan empat juta orang membutuhkan bantuan. Al-Shabaab menuduh ICRC membagikan makanan yang kadaluwarsa kepada anak-anak dan wanita yang lemah setelah kekeringan, sehingga mereka berisiko terserang penyakit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.