Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turki Siap Berikan Suaka

Kompas.com - 03/02/2012, 02:22 WIB

Ankara, Kamis - Turki siap memberikan suaka bagi keluarga Presiden Suriah Bashar al-Assad jika ada permintaan resmi. Hal itu diungkap Presiden Turki Abdullah Gul, seperti dikutip harian Radikal, Kamis (2/2). Adapun Amerika Serikat, Eropa, dan Liga Arab membahas kemungkinan pengasingan Assad.

”Sampai saat ini tidak ada tawaran lain,” kata Gul ketika ditanya soal sikap Turki jika mungkin ada permintaan suaka dari keluarga Assad. ”Jika ada permintaan, tentu saja hal itu akan dipertimbangkan,” tambahnya.

Rezim Suriah pimpinan Assad telah menanggapi dengan kekerasan senjata terhadap aksi protes massa yang meletus sejak medio Maret 2011. Menurut laporan PBB, lebih dari 5.400 orang tewas sejak protes dimulai, dan hingga saat ini belum juga surut.

Kekerasan senjata aparat telah menimbulkan kemarahan komunitas internasional. Turki, bersama-sama dengan Liga Arab, memelopori kecaman regional terhadap Assad. Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan juga mendesak sahabatnya, Assad, untuk segera meletakkan jabatan.

Pengasingan

Sementara itu, AS, Uni Eropa, dan Liga Arab mulai membahas kemungkinan mengasingkan Assad. Meskipun demikian, ada keraguan Presiden Suriah itu mau menerima tawaran tersebut, kata pejabat Barat, Rabu.

Pembicaraan damai belum menunjukkan kemajuan dan juga tidak ada tanda-tanda Assad akan segera mundur. Sekalipun begitu, seorang pejabat mengatakan, sebanyak tiga negara bersedia membawa Assad keluar dari Suriah demi mengakhiri krisis berdarah yang sudah berjalan selama 10 bulan itu. Korban tewas akan terus berjatuhan jika rezim Assad tetap berkuasa.

Dua sumber mengatakan, tidak ada satu pun negara Eropa siap memberikan suaka bagi Assad. Tetapi, seorang pejabat mengatakan, Uni Emirat Arab mungkin berada di antara negara yang terbuka menerima tawaran untuk memberikan suaka bagi Assad dan keluarganya.

Pembicaraan tentang pengasingan itu telah muncul di tengah kuatnya tekanan internasional terhadap Assad. Pertikaian diplomatik atas resolusi yang diajukan Liga Arab di PBB bertujuan agar Assad mengalihkan kekuasaan telah memperkeruh suasana. Assad justru balik meningkatkan serangan terhadap aksi massa prodemokrasi yang dipelopori kubu oposisi.

Gedung Putih terus menekan Assad selama berminggu-minggu ini. Dia diberi batas waktu yang harus dipikirkan dengan matang. Belum jelas apakah tenggat ini sebagai bukti upaya membujuk pemimpin Suriah dan keluarganya untuk memahami kesempatan yang baik, yaitu keluar dari kekuasaan. Bukan malah mempertaruhkan nasibnya seperti pemimpin Libya, almarhum Moammar Khadafy yang diburu dan dibunuh dengan sadis oleh kelompok oposisi tahun lalu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com