Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daging Ayam Sumbang Inflasi Tertinggi

Kompas.com - 02/02/2012, 21:11 WIB
Adhitya Ramadhan

Penulis

BENGKULU, KOMPAS.com - Daging ayam ras menjadi bahan makanan yang menyumbang inflasi tertinggi, yakni 0,49 persen, pada inflasi Kota Bengkulu secara keseluruhan di bulan Januari 2012. Setelah itu, disusul beras yang memberi andil 0,17 persen.

Dalam rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bengkulu yang ditermia Kamis (2/2/2012), disebutkan, inflasi Kota Bengkulu pada Januari 2012 sebesar 0,93 persen. Angka ini lebih tinggi dibandingkan Desember 2011 yang hanya 0,04 persen.

Kepala BPS Provinsi Bengkulu Djoko Santoso, Kamis, mengatakan, pola konsumsi masyarakat Bengkulu mirip dengan pola nasional. Ketika ada gangguan distribusi atau pasokan bahan makanan yang terjadi secara nasiona, maka pengaruhnya akan dirasakan juga di Bengkulu.

Selama ini, inflasi di Kota Bengkulu, ujar Djoko, mayoritas masih disumbang oleh kelompok bahan makanan.

Pada inflasi Januari 2012 saja kelompok ini memberi andil 2,17 persen pada inflasi. Setelah itu disusul kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,92 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com