Foto Kematian Osama Kemungkinan Dirilis

Kompas.com - 01/02/2012, 11:20 WIB
EditorKistyarini

WASHINGTON, KOMPAS.com — Foto-foto dan rekaman video kematian Osama bin Laden kemungkinan bakal dirilis ke publik, The Atlantic Wire melaporkan, Selasa (31/1/2012).

Menurut ABC News, CIA memiliki sedikitnya 52 foto Osama yang dinilai cukup bisa membuat perut mual. Foto-foto yang membuat penasaran itu dilaporkan "cukup mengerikan karena menunjukkan luka tembak mematikan di kepala Osama bin Laden dan sejumlah foto jenazahnya".

Menyusul kematian Osama, Judicial Watch mengajukan tuntutan hukum yang menuntut dirilisnya foto-foto penyerbuan yang menewaskan Osama di Pakistan. Tuntutan itu didasarkan pada Freedom of Information Act. Sekarang ini, tampaknya Departemen Kehakiman akan memenuhi tuntutan tersebut.

Dan Metcalfe, mantan direktur Kantor Informasi dan Privasi Departemen Kehakiman, mengatakan pada The Atlantic Wire bahwa berdasarkan respons pemerintah terhadap tuntutan itu, ada sejumlah bagian dari rekaman itu "secara legal bisa diungkap".

Hal ini membuka kembali kemungkinan dirilisnya foto-foto pascakematian Osama.

Satu tim Navy SEAL menyerbu kediaman Osama di Abbottabad, Pakistan, Mei 2011 lalu. Penyerbuan itu berhasil menewaskan pemimpin kelompok Al Qaeda itu. Gedung Putih menerangkan, jenazah Osama dimakamkan di laut setelah dilakukan upacara sesuai tata cara Islam.

Seorang pengacara Mesir, Montasser el-Zayat, berpendapat, pemakaman di laut itu dilakukan agar makam Osama tidak dijadikan tempat ziarah oleh para pengikutnya. "Mereka (AS) tidak ingin Osama dijadikan simbol. Tetapi, dia sudah menjadi simbol di hati rakyat," kata el-Zayat kepada The Guardian, Mei 2011 lalu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Departemen Pertahanan AS hanya merilis foto-foto kediaman Osama pada Mei lalu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.