Inflasi Januari 0,76 Persen

Kompas.com - 01/02/2012, 11:19 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Pusat Statistik mengumumkan inflasi Januari 2012 sebesar 0,76 persen. Berdasarkan kelompok pengeluaran, bahan makanan memberikan andil inflasi tertinggi dengan 1,85 persen pada angka inflasi Januari 2012.

Inflasi umum tahunan tercatat sebesar 3,65 persen dan inflasi komponen inti Januari 2012 adalah 0,44 persen. Inflasi inti tahunan sebesar 4,29 persen. "Penyebab inflasi tertinggi masih beras yang volatil. Andilnya 0,18 persen," kata Pelaksana Tugas Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suryamin, dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (1/2/2012).

"Jadi, inflasi bulan Januari untuk kelompok pengeluaran, bahan makanan 1,85 persen, (kemudian kelompok) makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau dengan 0,65 persen," kata dia.

Berdasarkan kota, tambah Suryamin, dari 66 kota IHK, terdapat 62 kota yang menunjukkan inflasi dan 4 kota yang mengalami deflasi. "Deflasi tertinggi terjadi di Sorong dan Manokwari," kata dia, sedangkan kota dengan inflasi tertinggi adalah Banjarmasin (2,92 persen) dan Pematang Siantar (2,85 persen).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.