Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

20 Tahun Kerja di Mesir, Darsem Pulang karena Meninggal

Kompas.com - 01/02/2012, 09:54 WIB
Mustafa Abd. Rahman

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com — KBRI Kairo berhasil memulangkan jenazah TKI asal Banyumas, Jawa Tengah, Darsem binti Sanreja bin Sokantorana (53 th). Jenazah dijadwalkan tiba di Jakarta pada Rabu ini (1/2/2012) dengan menggunakan maskapai Turkish Airlines TK 66.

Berita kematian almarhumah pertama kali diterima Staf KBRI Kairo, Anis Dyah P, Sabtu (28/1/2012) lalu, dari laporan majikannya bernama Manar. Sang majikan melaporkan, almarhumah meninggal dunia pada pukul 01.00 dini hari akibat penyakit diabetes. Demikian dilaporkan wartawan Kompas di Kairo, Musthafa Abd Rahman.

Namun, KBRI Kairo tetap mengklarifikasi kebenaran informasi majikan kepada keluarga almarhumah. Pihak KBRI Kairo juga melakukan pengecekan ulang kepada rumah sakit yang mengeluarkan visum almarhumah. Dari hasil visum itu, diketahui bahwa almarhumah meninggal karena penyakit diabetes, darah tinggi, dan penyempitan pembuluh darah.

Almarhumah diketahui telah bekerja selama 20 tahun di rumah majikan dan belum pernah pulang ke Indonesia. Menurut majikan dan dua PLRT WNI lainnya, Siti dan Tsurayya, yang bekerja bersama almarhumah di rumah majikan, almarhumah selama bekerja mendapat perlakuan yang baik dan menerima hak-haknya secara penuh setiap bulan.

Bahkan, pada Desember 2011 almarhumah telah menerima gaji untuk 6 bulan ke depan. Diketahui pula bahwa almarhumah mengidap penyakit diabetes sejak dua tahun lalu dan telah menjalani pengobatan rutin.

Menurut catatan KBRI Kairo, kini ada sekitar 1.100 tenaga informal asal Indonesia yang bekerja di Mesir. KBRI Kairo setiap tahun telah membantu pemulangan sebanyak 80 TKI informal akibat berbagai kasus.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com