Inflasi Januari Diperkirakan Maksimal 0,58 Persen

Kompas.com - 01/02/2012, 09:06 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

JAKARTA, KOMPAS.com — Biro Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan angka inflasi bulan Januari pada Rabu (1/2/2012) ini. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, memperkirakan, tingkat inflasi bulanan berkisar antara 0,32 dan 0,58 persen.

Lana menyatakan, dalam periode survei harga antara 15 Desember dan 15 Januari, perkembangan harga, terutama harga bahan makanan, belum begitu fluktuatif. Cuaca juga belum seekstrem dua minggu terakhir ini.

Kendati ada pelemahan nilai tukar rupiah, tetapi relatif tertahan. "Dan, ekspektasi kenaikan harga BBM bersubsidi yang sekarang ramai dibicarakan kemungkinan juga belum diantisipasi karena sebelumnya pemerintah masih berketetapan untuk kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi," kata Lana di Jakarta.

Dengan pertimbangan tersebut diperkirakan angka inflasi bulanan ada di antara 0,32 dan 0,58 persen atau secara tahunan mencatat 3,2-3,38 persen. Angka ini lebih optimistis dibandingkan dengan median hasil survei analis Bloomberg yang memperkirakan sebesar 0,74 persen (month on month) atau 3,61 persen (year on year).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.