Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inflasi Januari Diperkirakan Maksimal 0,58 Persen

Kompas.com - 01/02/2012, 09:06 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Biro Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan angka inflasi bulan Januari pada Rabu (1/2/2012) ini. Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia, Lana Soelistianingsih, memperkirakan, tingkat inflasi bulanan berkisar antara 0,32 dan 0,58 persen.

Lana menyatakan, dalam periode survei harga antara 15 Desember dan 15 Januari, perkembangan harga, terutama harga bahan makanan, belum begitu fluktuatif. Cuaca juga belum seekstrem dua minggu terakhir ini.

Kendati ada pelemahan nilai tukar rupiah, tetapi relatif tertahan. "Dan, ekspektasi kenaikan harga BBM bersubsidi yang sekarang ramai dibicarakan kemungkinan juga belum diantisipasi karena sebelumnya pemerintah masih berketetapan untuk kebijakan pembatasan konsumsi BBM bersubsidi," kata Lana di Jakarta.

Dengan pertimbangan tersebut diperkirakan angka inflasi bulanan ada di antara 0,32 dan 0,58 persen atau secara tahunan mencatat 3,2-3,38 persen. Angka ini lebih optimistis dibandingkan dengan median hasil survei analis Bloomberg yang memperkirakan sebesar 0,74 persen (month on month) atau 3,61 persen (year on year).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com