Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anwar Ibrahim Bantah Minta Dukungan RI

Kompas.com - 31/01/2012, 00:46 WIB
M.Latief

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim membantah kedatangannya ke Indonesia untuk meminta dukungan dalam menghadapi Pemilu Malaysia 2013. Anwar yakin akan mendapatkan dukungan dari rakyat, apalagi dia telah divonis bebas dari dakwaan sodomi pada 9 Januari 2012.

"Saya ke sini karena memenuhi undangan ke ITB dan CIDES. Tidak ada rencana untuk meminta dukungan," ujarnya seusai menyampaikan pidato kebudayaannya di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (30/1/2012) malam tadi. 

Bagi mantan Menteri Keuangan Malaysia itu dan para pendukungnya yang tergabung dalam kubu oposisi di parlemen Malaysia, kasus sodomi yang pernah menimpanya adalah konspirasi dari rezim UMNO. Ia menuturkan, dengan berbagai tuduhan, termasuk kasus sodomi yang sudah dua kali menghantamnya, pemerintahan Partai UMNO dan koalisi Barisan Nasional berupaya menggerus perjuangan oposisi pimpinan Anwar.

"Saya yakin, insya Allah, seandainya Pemilu itu bebas dan adil, kita mampu menang dalam pemilu yang akan datang," ujarnya.

Anwar menambahkan, jika nanti terpilih menjadi perdana menteri, ia akan berupaya membina hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia dengan lebih baik.

"Tentunya, isu yang mendasar apakah itu tentang perbatasan atau soal TKI atau budaya, sebenarnya kita ini kan satu rumpun. Kami akan menciptakan hubungan lebih baik dengan negara-negara tetangga lainnya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com