Anwar Ibrahim Bantah Minta Dukungan RI

Kompas.com - 31/01/2012, 00:46 WIB
Penulis M.Latief
|
EditorLatief

JAKARTA, KOMPAS.com — Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim membantah kedatangannya ke Indonesia untuk meminta dukungan dalam menghadapi Pemilu Malaysia 2013. Anwar yakin akan mendapatkan dukungan dari rakyat, apalagi dia telah divonis bebas dari dakwaan sodomi pada 9 Januari 2012.

"Saya ke sini karena memenuhi undangan ke ITB dan CIDES. Tidak ada rencana untuk meminta dukungan," ujarnya seusai menyampaikan pidato kebudayaannya di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Senin (30/1/2012) malam tadi. 

Bagi mantan Menteri Keuangan Malaysia itu dan para pendukungnya yang tergabung dalam kubu oposisi di parlemen Malaysia, kasus sodomi yang pernah menimpanya adalah konspirasi dari rezim UMNO. Ia menuturkan, dengan berbagai tuduhan, termasuk kasus sodomi yang sudah dua kali menghantamnya, pemerintahan Partai UMNO dan koalisi Barisan Nasional berupaya menggerus perjuangan oposisi pimpinan Anwar.

"Saya yakin, insya Allah, seandainya Pemilu itu bebas dan adil, kita mampu menang dalam pemilu yang akan datang," ujarnya.

Anwar menambahkan, jika nanti terpilih menjadi perdana menteri, ia akan berupaya membina hubungan baik antara Indonesia dan Malaysia dengan lebih baik.

"Tentunya, isu yang mendasar apakah itu tentang perbatasan atau soal TKI atau budaya, sebenarnya kita ini kan satu rumpun. Kami akan menciptakan hubungan lebih baik dengan negara-negara tetangga lainnya," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.