Suhu Dingin Ekstrem Landa Kawasan Eropa Timur

Kompas.com - 30/01/2012, 19:55 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Selama tiga hari belakangan, suhu dingin ekstrem, di bawah -26 derajat Celcius atau setara dengan -15 derajat Fahrenheit melanda kawasan Eropa Timur. Tercatat sampai kini, menurut warta AP pada Senin (30/1/2012), 18 warga Ukraina tewas gara-gara suhu tersebut.

Sementara, sejak Jumat (27/1/2012), ada 10 warga Polandia tewas oleh suhu teramat dingin tersebut. "Warga usia lanjut dan tunawisma adalah korban tewas terbanyak," kata Juru Bicara Kementerian Dalam Negeri Polandia Malgorzata Wozniak.

Di Serbia, selanjutnya, 3 warga tewas akibat cuaca terlalu dingin. Lalu, ada 2 warga hilang. Sebanyak 14 kepala daerah di Serbia sudah menyatakan keadaan gawat darurat akibat cuaca tersebut.

Kemudian, di Bulgaria, pemerintah mencatat 1 korban meninggal dunia. Lalu, ada 25 negara bagian dari 28 distrik menetapkan kondisi bahaya akibat melorot tajamnya suhu udara.

Di Praha, ibu kota Ceska, memang belum tercatat korban tewas akibat cuaca dingin ekstrem. Namun, pemerintah setempat sudah menyiapkan banyak tenda bagi sekitar 3.000 tunawisma. Suhu begitu dingin telah merusak rel-rel kereta api. Akibatnya, perjalanan moda transportasi tersebut mengalami gangguan.
 
 

 
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.