Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Jajaki Lagi Pembicaraan soal Korut

Kompas.com - 28/01/2012, 18:58 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Seorang pejabat tinggi AS di bidang Korea Utara akan mengunjungi Rusia pekan depan untuk membahas cara-cara menghubungi Pyongyang di bawah kepemimpinan baru, kata Departemen Luar Negeri AS, kemarin. "Perwakilan Khusus untuk Kebijakan Korea Utara Glyn Davies akan berkunjung ke Rusia 31 Januari - 3 Februari guna memperdalam kerja sama dan berbagai pandangan mengenai Korea Utara," kata departemen tersebut dalam siaran pers.
   
Davies berencana bertemu dengan para pejabat senior Rusia, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Igor Morgulov dan Duta Besar Perundingan Enam Negara Grigoriy Logvinov.
   
Perundingan-perundingan enam pihak yang bertujuan melucuti senjata nuklir Korea Utara itu telah macet selama bertahun-tahun. Perundingan-perundingan tersebut, sebagaimana warta Yonhap pada Sabtu (28/1/2012) juga diikuti oleh Korea Selatan, China, dan Jepang. "Davies akan didampingi oleh Clifford Hart, utusan khusus untuk perundingan enam pihak," kata departemen.
   
Departemen juga mengumumkan bahwa Kurt Campbell, asisten menteri luar negeri untuk Asia Timur dan Pasifik Negeri, akan berkunjung ke Korea Selatan pada Selasa dan Rabu untuk membahas berbagai isu bilateral, regional, dan global, termasuk perkembangan terakhir di Korea Utara. "Dia kemudian akan berkunjung ke Vietnam dan Kamboja," demikian Departemen Luar Negeri AS.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com