Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Petinggi Zona Euro Bahas Yunani

Kompas.com - 28/01/2012, 02:28 WIB

BRUSSELS, JUMAT - Para pemimpin 17 negara anggota zona euro kemungkinan besar akan mengadakan pertemuan khusus pada hari Senin (30/1). Pertemuan itu akan membahas soal Yunani.

Pertemuan itu akan dilakukan seiring dengan pertemuan tingkat tinggi 27 negara anggota Uni Eropa, demikian salah seorang pejabat Uni Eropa. ”Pertemuan tingkat tinggi bagi para pemimpin zona euro belum disebut secara resmi. Namun, mungkin saja pertemuan itu dilaksanakan tiba-tiba tanpa ada pengumuman,” ujar pejabat tersebut.

Dia juga mengatakan, ada optimisme bahwa pembicaraan antara Pemerintah Yunani dan kreditor swastanya untuk memangkas utang dapat selesai sebelum hari Senin.

”Sejauh ini belum ada kesepakatan final, tetapi kami yakin kesepakatan itu akan tercapai sebelum pertemuan Senin mendatang,” ujar pejabat tersebut.

Para pejabat di Brussels dan Berlin menekankan bahwa pertemuan Uni Eropa Senin mendatang itu tidak mengagendakan pembicaraan soal Yunani. Dalam pertemuan itu akan dibahas bagaimana membangkitkan lagi pertumbuhan ekonomi dan lapangan kerja.

Kemungkinan besar, dalam kesempatan tersebut, para pemimpin zona euro akan berusaha meyakinkan forum tentang upaya Yunani dengan para kreditor swastanya. Isu ini sudah menjadi perhatian di zona euro selama lebih kurang empat pekan terakhir.

”Ada gajah di dalam ruangan, gajah itu adalah Yunani. Jika ada berita tentang si gajah, kita harus membicarakan tentangnya,” ujar salah seorang pejabat Uni Eropa lainnya.

”Akan ada pertemuan terpisah antara Menteri Keuangan Yunani dan para pemimpin zona euro pada Senin sore. Semua pemimpin zona euro telah diminta bersiap-siap dalam pertemuan tersebut,” ujar pejabat lain yang akan mengikuti pertemuan tersebut.

Bunga lebih rendah

Di Athena, pembicaraan tentang pengurangan utang itu sudah mengerucut mengenai penentuan tingkat suku bunga dari obligasi baru. Kedua belah pihak, Pemerintah Yunani dan kreditor swasta dari perbankan dan institusi keuangan lainnya, tampaknya sudah akan mencapai kesepakatan untuk menerima tingkat suku bunga yang lebih rendah dari permintaan para kreditor.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com