Pujian IMF untuk Myanmar

Kompas.com - 27/01/2012, 19:14 WIB
|
EditorJosephus Primus
KOMPAS.com - Dana Moneter Internasional (IMF) menyampaikan pujian untuk reformasi ekonomi Myanmar. Tak cuma itu, IMF mengatakan pula kalau Myanmar punya potensi menjadi titik terang ekonomi Asia mendatang.  "Pemerintah baru menghadapi kesempatan bersejarah untuk mulai melompat ke proses pembangunan dan mengangkat standar hidup," kata badan dunia yang berbasis di Washington dalam satu pernyataan yang disiarkan pada awal pekan ini setelah berkonsultasi dengan Myanmar, sebagaimana warta AP dan AFP pada Jumat (27/1/2012).
   
"Myanmar memiliki potensi pertumbuhan yang tinggi dan bisa menjadi ekonomi terdepan berikutnya di Asia, jika dapat mengubah kekayaan sumber daya alam, tenaga kerja muda, dan kedekatan dengan beberapa ekonomi yang paling dinamis di dunia, menjadi keuntungannya," kata  pemberi pinjaman global itu.
   
Satu misi IMF yang dipimpin oleh Meral Karasulu mengunjungi Nay Pyi Taw dan Yangon antara  9 sampai 25 Januari. Karasulu mencatat bahwa upaya reformasi terakhir Myanmar berjalan pada arah yang benar.
   
"Myanmar akan mendapat manfaat dari konsultasi luas dengan para pemangku kepentingan dan menggunakan praktik-praktik terbaik internasional, yang disaring dari pengalaman negara lain," kata kepala misi.
   
IMF telah memproyeksikan produk nyata domestik bruto Myanmar tumbuh sekitar 5,5 persen dalam tahun fiskal ini dan enam persen tahun depan.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.