Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perkara Minyak, Agenda Dua Sudan

Kompas.com - 27/01/2012, 18:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Akhirnya, Sudan dan Sudan Selatan bersedia duduk bersama di Ethiopia untuk membicarakan perkara minyak. Sudan Selatan, menurut warta AP dan AFP pada Jumat (27/1/2012), merdeka sejak Juli 2011. Sejak saat itu, Sudan Selatan masih memanfaatkan infrastruktur milik tetangganya, Sudan, untuk mengekspor minyak. Sehubungan dengan hal itu, Sudan meminta agar Sudan Selatan membayar biaya.

Sebaliknya, Sudan Selatan mengatakan kalau pihaknya sudah menghentikan sementara produksi minyaknya. Makanya, berkenaan dengan hal itulah, Sudan Selatan menuding Sudan mencuri minyaknya.

Kenyataan itulah yang menjadi agenda pertemuan. Nanti, hadir dalam pertemuan di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa, Presiden Sudan Selatan Salva kiir dan Presiden Sudan Omar el-Bashir.

Bisa dikatakan, terjadi "Perang Minyak" di antara kedua Sudan. Di satu sisi Sudan Selatan mengancam akan menghentikan selamanya produksi minyak. Kalau kebijakan itu terlaksana, perekonomian kedua negara bakal terancam. "Dua Sudan akan terancam berkonflik kembali," kata pihak Uni Afrika, mediator perundingan.

Pada Rabu (25/1/2011), pemerintah Sudan Selatan mengumumkan sebuah kesepakatan dengan Kenya untuk membangun jaringan pipa yang menghubungkan kilang minyak ke pelabuhan Lamu di Kenya. Upaya itu dapat melepaskan ketergantungan Sudan Selatan terhadap Sudan terkait ekspor minyak.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com