Myanmar Anggap Penting Singapura

Kompas.com - 26/01/2012, 16:14 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com — Myanmar makin membuka diri terhadap negara-negara di kawasannya. Makanya, dalam sebuah pernyataan dari Nay Pyi Taw, Presiden Myanmar U Thein Sein memprioritaskan agenda berkunjung ke Singapura. Menurut warta Xinhua pada Kamis (26/1/2012), kunjungan itu bersifat segera meski belum ada informasi komplet soal waktu kunjungan.

Bagi Thein Sein, kunjungan ke Singapura adalah kali pertama sejak dirinya menjabat pada Maret tahun lalu. Kunjungan ke Negeri Singa itu juga merupakan yang pertama bagi pemimpin Myanmar bertandang ke salah satu anggota Asosiasi Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Thein Sein sempat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Singapura K Shanmugam di Nay Pyi Taw pada Desember 2011. Kala itu, Shanmugam, kala itu, memberikan bantuan bagi warga Myanmar korban topan Nargis.

Dalam tahun fiskal 2010-2011, perdagangan Myanmar dan Singapura mencapai angka 2,074 miliar dollar AS. Ekspor Myanmar ke Singapura bernilai 446,4 juta dollar AS. Impor Myanmar mencapai 1,628 miliar dollar AS. Dengan demikian, Myanmar mengalami defisit perdagangan 1,181 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.