Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga Baru dari Kepulauan Fiji

Kompas.com - 26/01/2012, 08:43 WIB
Yunanto Wiji Utomo

Penulis

FIJI, KOMPAS.com - Ilmuwan menemukan tanaman bunga baru di Kepulauan Fiji, tepatnya di Pulau Kadavu. Tanaman berbunga itu ditemukan saat pelaksanaan Water and Nature Initiative (WANI) oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN).

"Meski tanaman itu ditemukan pada Agustus 2010, butuh waktu lama untuk melakukan verifikasi," kata juru bicara IUCN, Ewa Ewa Magiera, seperti dikutip AFP, Jumat (20/1/2012).

Spesies ditemukan di wilayah perbatasan antara padang rumput dan hutan primer. Marika Tuiwawa dari Institute of Applied Science di University of the South Pacific yang terlibat penelitian menyatakan bahwa spesies ini adalah satu-satunya yang ditemukan.

saat ini, studi DNA tengah dilakukan untuk menempatkan spesies ini dalam taxa yang tepat. Nama spesies yang diusulkan adalah Medinilla matasawalevu.

Bersama penemuan spesies baru tanaman ini, ditemukan pula 193 jenis tanaman yang masuk dalam golongan Medinilla. Dari jumlah itu, 11 hanya ditemukan di Fiji, salah satunya  Medinilla waterhousei yang menjadi kebanggaan Fiji.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com