Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korban Hilang Jadi Tujuh Orang

Kompas.com - 24/01/2012, 15:07 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Tujuh tentara India hilang setelah salju longsor melanda barak mereka di Kashmir pada Selasa (24/1/2012), kata juru bicara angkatan bersenjata saat operasi penyelamatan diluncurkan untuk menemukan orang-orang itu.
   
Longsor menghantam barak mereka pagi ini dan menjebak tujuh tentara di wilayah Kupwara, kata juru bicara militer JS Brar di ibu kota musim panas Kashmir, Srinagar. "Kami telah melancarkan operasi penyelamatan untuk melacak mereka. Pada saat ini, kita tidak dapat mengatakan apakah mereka hidup atau mati," kata Brar sebagaimana warta AFP.
   
Insiden itu terjadi di sepanjang Garis Kendali-perbatasan de facto yang membagi wilayah Himalaya yang indah antara dua negara pesaing senjata nuklir India dan Pakistan.
   
Pasukan India dikerahkan dalam jumlah besar untuk menjaga garis itu dan juga hadir dalam jumlah besar di Kashmir India untuk menjaga serangan para gerilyawan.
   
Wilayah itu dalam cengkeraman pemberontakan lebih dari dua dekade lamanya terhadap Pemerintah India yang telah menewaskan lebih dari 47.000 orang berdasarkan penghitungan resmi.
   
Kashmir telah mengalami salju tebal sejak awal bulan ini. Tujuh belas tentara India tewas pada tahun 2010 dalam satu longsoran salju yang menimpa kelompok 70 prajurit tempur di satu kamp pelatihan perang dataran tinggi di dekat Gulmarg.
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com