Kru Kapal WNI Mengalami Kecelakaan di Filipina

Kompas.com - 24/01/2012, 02:34 WIB
Editor

MANILA, SENIN - Kedutaan Besar RI di Manila, Filipina, memastikan kondisi dan keselamatan 12 warga negara Indonesia anak buah kapal kargo berbendera Panama, Sun Spirits, yang tenggelam di perairan Filipina pada 21 Januari lalu.

Dalam siaran pers yang diterima Kompas, Senin (23/1), ke-12 kru kapal itu rencananya akan tiba di Manila dari Legazpi City, Provinsi Albay, Filipina, tempat mereka dievakuasi.

Menurut Soerjanto, salah seorang awak kapal yang berhasil dikontak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI), Minggu kemarin, kecelakaan terjadi setelah kapal dihantam gulungan ombak besar di lepas pantai Filipina.

Saat kejadian, kapal tengah berlayar menuju China. Para awak kapal yang sempat terombang-ambing di lautan itu diselamatkan dua kapal yang kebetulan lewat, salah satunya bernama NB Oriental Xanadu.

Menurut Penjaga Pantai Filipina (PCG), lokasi karamnya kapal tepat berada sekitar 38 mil laut dari Binorong Point, Kepulauan Catanduanes.

Hingga saat ini, PCG masih terus menyelidiki penyebab karamnya kapal yang tengah mengangkut pasir besi itu. Selain 12 kru WNI, kapal itu juga mempekerjakan dua warga negara Korea Selatan.

Pihak KBRI Manila menambahkan, untuk membantu ke-12 WNI itu mereka akan berkoordinasi dengan pihak agen kapal yang ada di Manila, Philhua Shipping Company.

Berikut ini nama ke-12 awak kapal Sun Spirits yang berkewarganegaraan Indonesia: Soerjanto asal Ambarawa, Jawa Tengah; Adi Sutrisno; Tony Liston; dan Sukardi Sudarto, ketiganya asal DKI Jakarta.

Juga ada Ali Imron, Zainal Arifin, Golfan Arif, Mas’ud, dan Mat Rohim, kelimanya asal Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

Sementara sisanya adalah Nuhayat asal Gresik, Agus Sugiarto asal Banyuwangi, dan Kushendra asal Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X