Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Markas Hitler Bakal Jadi Obyek Wisata

Kompas.com - 22/01/2012, 16:40 WIB

KOMPAS.com - Di Polandia terdapat bangunan bersejarah tersembunyi di tengah hutan. Hitler di masa kejayaannya menjadikan tempat ini sebagai markas dalam mengatur strategi perang. Pemerintah setempat kini tengah mencari investor untuk menjadikan kawasan bersejarah tersebut menjadi obyek wisata.

Tempat yang disebut sebagai "Wolf's Lair", merujuk ke nama panggilan Hitler yaitu Wolf, merupakan salah satu markas Hitler di masa Perang Dunia II. Letaknya berada di timur laut Polandia. Di awal tahun 1945, tentara Nazi menghancurkan markas "Wolf's Lair" saat mereka terpaksa mundur. Markas tersebut terdiri dari 80 bangunan dan saat ini berada di bawah pengawasan pihak kehutanan pemerintah setempat.

Markas "Wolf's Lair" ini menjadi terkenal karena merupakan tempat terjadinya percobaan pembunuhan Hitler oleh Colonel Claus von Stauffenberg pada Juli 1944. Peristiwa ini diabadikan oleh Hollywood dalam film berjudul "Valkyrie" di tahun 2008 dan dibintangi Tom Cruise sebagai Colonel Claus von Stauffenberg.

"Kami masih menunggu permintaan dari investor, tapi sejauh ini belum ada yang berminat. Persyaratannya cukup tinggi karena kami ingin investasi yang cukup besar, terutama untuk sebuah museum dan pameran yang buka sepanjang tahun," kata Zenon Piotrowicz, dari badan kehutanan Polandia.

Reruntuhan markas tersebut sebenarnya terbuka untuk masyarakat umum. Namun tidak berhasil menarik banyak kunjungan karena aksesnya hanya bisa dilalui melalui jalan darat yang berbahaya.

Markas yang berada dekat dengan perbatasan Rusia tersebut dibangun di antara tahun 1940 dan 1941 untuk melindungi Hilter dan pejabat tinggi Nazi dari bom udara saat Operasi Barbarossa, yaitu operasi invasi tentara Nazi di Uni Soviet.

Pada masa itu, kompleks markas tersebut memiliki pembangkit tenaga listrik sendiri dan bahkan sebuah stasiun kereta api. Selain itu, Nazi mengamuflase kawasan "Wolf's Lair" dan dikelilingi oleh ranjau darat hingga membuat daerah ini tersembunyi. Perlu waktu 10 tahun setelah perang untuk membersihkan kawasan tersebut dari ranjau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com