Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza

Kompas.com - 21/01/2012, 17:17 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com - Israel melancarkan serangan udara yang ditujukan ke para pejuang Palestina di Jalur Gaza, kata sumber-sumber kedua pihak, Sabtu (21/1/2012). Satu sumber keamanan dari Hamas yang menguasai daerah itu mengatakan pesawat-pesawat tempur Israel menggempur daerah selatan Gaza, dekat perbatasan dengan Israel.

Serangan itu ditujukan pada para pejuang dari kelompok Komite Perlawanan Rakyat yang menamamkan bom-bom dekat perbatasan itu, kata para saksi mata dari faksi berhaluan keras itu kepada AFP. Para saksi mata mengatakan, tidak ada korban dari pihak Hamas.

Militer Israel membenarkan soal adanya serangan itu. "Pesawat tempur Israel baru saja menyerang satu regu gerilyawan di selatan Jalur Gaza. Pesawat menembakkan roket-roket ke sasaran itu. Satu mencapai sasaran," kata satu pernyataan.

Setelah tiga minggu tenang pada tahun ini, ada peningkatan jumlah insiden di perbatasan Israel-Gaza dalam beberapa hari belakangan ini. Pada Jumat (20/1/2012) malam, para pejuang Gaza menembakkan satu roket ke Israel selatan tanpa menimbulkan korban atau kerusakan properti.

Pada Kamis (19//12012), seorang juru bicara militer mengatakan pasukan Israel menahan tiga warga Palestina ketika mereka berusaha memasuki Israel dari Jalur Gaza bagian selatan. Satu sumber keamanan Palestina mengatakan hanya dua orang yang ditahan dan mengatakan mereka ditangkap di daerah Gaza oleh pasukan khusus Israel.

Juga pada Kamis, tentara mengatakan dua roket ditembakkan dari Gaza menghantam daerah-daerah Eshkol selatan dan Shaar Hanegev, tanpa menimbulkan korban atau kerusakan properti.

Sejak awal tahun ini, militer mengatakan mereka mencatat tujuh roket ditembakkan ke Israel selatan. Pada Rabu, satu serangan udara Israel di Gaza utara menewaskan dua warga Palestina dan mencederai seorang lainnya. Militer mengatakan serangan itu ditujukan ke satu kelompok orang yang menanam bom-bom di sepanjang perbatasan itu, tetapi para pejabat Palestina mengatakan mereka memasang perangkap burung-burung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com