Israel Lancarkan Serangan Udara ke Gaza

Kompas.com - 21/01/2012, 17:17 WIB
EditorKistyarini

GAZA CITY, KOMPAS.com - Israel melancarkan serangan udara yang ditujukan ke para pejuang Palestina di Jalur Gaza, kata sumber-sumber kedua pihak, Sabtu (21/1/2012). Satu sumber keamanan dari Hamas yang menguasai daerah itu mengatakan pesawat-pesawat tempur Israel menggempur daerah selatan Gaza, dekat perbatasan dengan Israel.

Serangan itu ditujukan pada para pejuang dari kelompok Komite Perlawanan Rakyat yang menamamkan bom-bom dekat perbatasan itu, kata para saksi mata dari faksi berhaluan keras itu kepada AFP. Para saksi mata mengatakan, tidak ada korban dari pihak Hamas.

Militer Israel membenarkan soal adanya serangan itu. "Pesawat tempur Israel baru saja menyerang satu regu gerilyawan di selatan Jalur Gaza. Pesawat menembakkan roket-roket ke sasaran itu. Satu mencapai sasaran," kata satu pernyataan.

Setelah tiga minggu tenang pada tahun ini, ada peningkatan jumlah insiden di perbatasan Israel-Gaza dalam beberapa hari belakangan ini. Pada Jumat (20/1/2012) malam, para pejuang Gaza menembakkan satu roket ke Israel selatan tanpa menimbulkan korban atau kerusakan properti.

Pada Kamis (19//12012), seorang juru bicara militer mengatakan pasukan Israel menahan tiga warga Palestina ketika mereka berusaha memasuki Israel dari Jalur Gaza bagian selatan. Satu sumber keamanan Palestina mengatakan hanya dua orang yang ditahan dan mengatakan mereka ditangkap di daerah Gaza oleh pasukan khusus Israel.

Juga pada Kamis, tentara mengatakan dua roket ditembakkan dari Gaza menghantam daerah-daerah Eshkol selatan dan Shaar Hanegev, tanpa menimbulkan korban atau kerusakan properti.

Sejak awal tahun ini, militer mengatakan mereka mencatat tujuh roket ditembakkan ke Israel selatan. Pada Rabu, satu serangan udara Israel di Gaza utara menewaskan dua warga Palestina dan mencederai seorang lainnya. Militer mengatakan serangan itu ditujukan ke satu kelompok orang yang menanam bom-bom di sepanjang perbatasan itu, tetapi para pejabat Palestina mengatakan mereka memasang perangkap burung-burung.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.