Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bantuan Pembangunan Pribadi Berjamuran di Belanda

Kompas.com - 21/01/2012, 11:58 WIB

Ini fenomena yang lagi ngetrend, pribadi-pribadi yang melakukan bantuan pembangunan. Di Belanda diperkirakan sekitar 8.000 proyek berskala kecil. Untuk membantu mereka, maka dibuatlah MyWorld.nl, yaitu 'Facebook bagi pemberi bantuan swasta'.

Radio Nederland, Kamis (21/1/2012) melaporkan, banyak orang tersentuh hatinya melihat kemiskinan dan ketidakadilan sosial yang mereka jumpai ketika bepergian ke negara lain. Pulang dari sana, mereka mengumpulkan uang untuk proyek bantuan. Namun hanya bermodal semangat dan itikad baik, tidak akan bisa berbuat banyak. Ingin melakukan kebaikan tidak berarti bisa melakukannya dengan baik. Realisme dan akal sehat sama pentingnya dengan idealisme. Keuangan juga harus jujur dan transparan karena kalau tidak maka proyek justru akan mengecewakan baik bagi si pemberi maupun penerima.

Situs web baru MyWorld.nl (www.MyWorld.nl) membantu pribadi-pribadi pemberi bantuan ini mengenali perangkap-perangkap yang ada. Platform internet ini merupakan prakarsa organisasi -organisasi bantuan besar seperti Wilde Ganzen, Oxfam Novib, dan NCDO yaitu pusat kerjasama internasional dan kewargaan global.

Ernst Jan Stroes dari NCDO menjelaskan untuk siapa platform baru ini. "Pada dasarnya ini adalah untuk yayasan-yayasan bantuan kecil yang omsetnya kurang dari 50.000 euro. Terkadang bahkan hanya 5000 euro. Benar-benar organisasi skala kecil, yang melalui MyWorld bisa menjalin hubungan dengan organisasi-organisasi yang lebih besar seperti Cordaid, Wilde Ganzen dan lain-lainnya.''

Amatir

Situs web ini 'Facebook bagi pemberi bantuan swasta,' kata NCDO. Organisasi-organisasi besar memberi informasi dan nasehat bagi klub-klub relawan kecil. Jadi mereka tidak perlu mulai dari awal.

Organisasi-organisasi kecil ini juga bisa saling bertukar pengalaman dan bantuan. Atau mereka juga bisa bekerjasama: seringkali mereka tidak saling tahu bahwa proyek yang mereka lakukan itu mirip.

Nada yang digunakan MyWorld bersifat lugas, kalau amatiran, betapapun baiknya tujuan Anda, tidak akan menguntungkan siapapun.

Di samping situs web, ada pula pelatihan yang diberikan oleh NCDO dengan perhatian besar pada transparansi keuangan. Donatur ingin tahu ke mana uang mereka. Tahun-tahun belakangan muncul banyak kritik terhadap organisasi-organisasi bantuan besar di Belanda: terlalu banyak uang sumbangan yang tidak sampai tujuan.

Kabinet Belanda sekarang melakukan penghematan pada bantuan kerjasama pembangunan. Tapi orang-orang Belanda masih memandang sangat penting hal ini, demikikian Stroes: ''Dari penelitian terbukti, warga menganggap ini sangat penting. Tahun lalu, organisasi-organisasi kerjasama pembangunan besar juga mampu menggalang dana lebih banyak dari tahun sebelumnya. Jadi, bisa saja pemerintah memalingkan muka dari kerjasama pembangunan, tapi klub-klub kecil serta organisasi-organisasi kerjasama pembangunan swasta semakin dihargai oleh warga Belanda atas upaya-upaya mereka. Dalam hal ini, perhatian tidaklah berkurang."

Menurut Stroes, MyWorld.nl bisa dibilang berhasil apabila situs ini mampu menarik dua sampai tiga ribu pengguna tahun ini.

ErnstJan Stroes optimis mengenai tahun 2012: ''Perspektifnya bagus. Mungkin akan sedikit lebih sulit menggalang dana tapi orang masih tetap ingin aktif dalam bidang kerjasama pembangunan ini. Ada pula berbagai proyek di sini, jadi menurut saya tidak akan ada penurunan. Orang masih tetap menganggap Belanda sebagai negara kaya dan makmur, dan menurut saya mereka benar.''
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com