Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Balon Kue Diterbangkan ke Korea Utara

Kompas.com - 20/01/2012, 16:55 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Para pengungsi Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan, Jumat (20/1/2012), melepaskan balon-balon berisi kue-kue ke seberang perbatasan yang dijaga ketat guna membantu mantan saudara sebangsanya merayakan Tahun Baru China.

Sebagian besar balon itu dilepaskan ke seberang perbatasan oleh para aktivis yang membawa serta selebaran propaganda yang menyeru suatu gerakan menggulingkan rezim di Korea Utara.

Namun pada Jumat sekitar 20 balon yang berisi sekitar 100 kilogram atau 220 pon pie coklat dilepaskan dari Pulau Gangwha di bagian barat Seoul. Pai cokelat adalah makanan ringan khas Korea Selatan yang sangat populer dan tidak banyak rakyat Korea Utara yang mampu membelinya.

"Ini adalah hadiah dari saudara kami tercinta bagi mereka yang tinggal di Korea Utara," kata Song Si-Yon, seorang polisi di Korea Utara sebelum kemudian datang ke Korea Selatan pada 2007.

"Kami harap ini akan membantu warga Korea Utara merayakan Tahun Baru China dengan perasaan yang lebih bahagia."

Kue itu berisi marshmallow dan dilapisi coklat, diberikan sebagai makanan ringan harian bagi lebih dari 40 ribu pekerja Korea Utara yang bekerja di kawasan industri Kaesong --investasi Seoul-- di Korea Utara.

Bulan lalu, sebuah kelompok berbeda yang berkantor pusat di Seoul, North Korea Peace, melepaskan balon-balon tang berisi sekitar 800 pasang kaos kaki ke Korea Utara, agar rakyat Korea Utara dapat menggunakannya untuk melalui musim dingin yang buruk atau menukarnya dengan makanan.

Kaos kaki merupakan barang berharga di Utara. Sepasang kaos kaki senilai dengan 10 kilogram jagung, cukup untuk bertahan hidup bagi satu orang di negara Komunis yang dilanda kelaparan itu.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com