Balon Kue Diterbangkan ke Korea Utara

Kompas.com - 20/01/2012, 16:55 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com - Para pengungsi Korea Utara yang tinggal di Korea Selatan, Jumat (20/1/2012), melepaskan balon-balon berisi kue-kue ke seberang perbatasan yang dijaga ketat guna membantu mantan saudara sebangsanya merayakan Tahun Baru China.

Sebagian besar balon itu dilepaskan ke seberang perbatasan oleh para aktivis yang membawa serta selebaran propaganda yang menyeru suatu gerakan menggulingkan rezim di Korea Utara.

Namun pada Jumat sekitar 20 balon yang berisi sekitar 100 kilogram atau 220 pon pie coklat dilepaskan dari Pulau Gangwha di bagian barat Seoul. Pai cokelat adalah makanan ringan khas Korea Selatan yang sangat populer dan tidak banyak rakyat Korea Utara yang mampu membelinya.

"Ini adalah hadiah dari saudara kami tercinta bagi mereka yang tinggal di Korea Utara," kata Song Si-Yon, seorang polisi di Korea Utara sebelum kemudian datang ke Korea Selatan pada 2007.

"Kami harap ini akan membantu warga Korea Utara merayakan Tahun Baru China dengan perasaan yang lebih bahagia."

Kue itu berisi marshmallow dan dilapisi coklat, diberikan sebagai makanan ringan harian bagi lebih dari 40 ribu pekerja Korea Utara yang bekerja di kawasan industri Kaesong --investasi Seoul-- di Korea Utara.

Bulan lalu, sebuah kelompok berbeda yang berkantor pusat di Seoul, North Korea Peace, melepaskan balon-balon tang berisi sekitar 800 pasang kaos kaki ke Korea Utara, agar rakyat Korea Utara dapat menggunakannya untuk melalui musim dingin yang buruk atau menukarnya dengan makanan.

Kaos kaki merupakan barang berharga di Utara. Sepasang kaos kaki senilai dengan 10 kilogram jagung, cukup untuk bertahan hidup bagi satu orang di negara Komunis yang dilanda kelaparan itu.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X