Tiga Negara Rundingkan Korea Utara

Kompas.com - 20/01/2012, 11:46 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Selatan, Amerika Serikat dan Jepang bersepakat untuk mengadakan pertemuan trilateral para menteri luar negeri untuk membicarakan keadaan di Semenanjung Korea setelah wafatnya Kim Jong Il dan masalah lain, kata Kementerian Luar Negeri Seoul, Kamis (19/1/2012).

Kesepakatan itu dicapai saat perundingan tiga arah para diplomat senior di Washington pekan ini yang bertujuan untuk mengkoordinasikan langkah mereka selanjutnya setelah wafatnya Kim Jong Il pada 17 Desember yang mendorong putra ketiganya, Kim Jong Un sebagai ahli waris serta menjadikannya pemimpin.

"Republik Korea Selatan, AS dan Jepang telah setuju mengadakan perundingan trilateral menteri luar negeri pada saat saling membutuhkan," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Korsel Cho Byung-jae kepada wartawan.

Setelah pertemuan pada pekan ini di Washington, Departemen Luar Negeri AS menyatakan tiga negara "setuju bahwa ada jalan terbuka bagi Korea Utara untuk melanjutkan perundingan dan meningkatkan hubungan dengan AS, Jepang dan Republik Korea Selatan melalui dialog".

Kepala utusan Korea Selatan Lim Sung Nam bagi perundingan enam pihak mengenai program senjata nuklir Korut mengadakan perundingan bersama mitra asal Jepang Shinsuke Sugiyama dan Kurt Campbell yang menjadi diplomat tinggi Washington di Asia.

Perundingan enam pihak yang melibatkan Korut, Korsel, China, Jepang, Rusia dan AS telah terhenti sejak 2008 namun upaya agar Korut kembali ke dalam meja perundingan mendapat sejumlah dorongan pada 2011.

Wafatnya Kim memberi penghentian upaya diplomatik untuk menghidupkan kembali perundingan enam pihak dan hal itu masih belum jelas apakah kepemimpinan baru Korut berniat untuk mengadakan perundingan dengan dunia luar.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X