Sudan Siap Bicara Lagi dengan Sudan Selatan

Kompas.com - 19/01/2012, 19:52 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Presiden Sudan Omar al-Bashir menyatakan dirinya siap berbicara lagi dengan presiden Sudan Selatan terkait sumber minyak bumi. Pembicaraan itu memanfaatkan mediasi Panel Implementasi Tingkat Tinggi Uni Afrika untuk Sudan (AUHIP). Bashir, sebagaimana warta Xinhua pada Kamis (19/1/2012) mengemukakan hal itu saat menyambut Menteri Luar Negeri Kenya Moses Wetangula di Khartoum. Wetangula sendiri membawa pesan dari Presiden Kenya Mwai Kibaki.

Kenya menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi Uni Afrika. Dalam pertemuan itu, masalah hubungan Sudan dan Sudan Selatan menjadi salah satu agenda.

Sebetulnya, kedua Sudan mendapat jadwal pembicaraan di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa pada Selasa lalu. Silang pendapat keduanya adalah Sudan Selatan menginginkan agar Sudan menghentikan pengambilalihan ladang minyaknya. Sudan Selatan minta agar ekspor minyaknya mendapat izin melalui pelabuhan Sudan.

Sebelum sengketa terjadi, kedua Sudan itu memang masih menjadi satu negara. Perpecahanlah yang membuat Sudan Selatan merasa produksi 750 barrel minyaknya per hari diambil oleh Sudan. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.