Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudan Siap Bicara Lagi dengan Sudan Selatan

Kompas.com - 19/01/2012, 19:52 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Presiden Sudan Omar al-Bashir menyatakan dirinya siap berbicara lagi dengan presiden Sudan Selatan terkait sumber minyak bumi. Pembicaraan itu memanfaatkan mediasi Panel Implementasi Tingkat Tinggi Uni Afrika untuk Sudan (AUHIP). Bashir, sebagaimana warta Xinhua pada Kamis (19/1/2012) mengemukakan hal itu saat menyambut Menteri Luar Negeri Kenya Moses Wetangula di Khartoum. Wetangula sendiri membawa pesan dari Presiden Kenya Mwai Kibaki.

Kenya menjadi tuan rumah pertemuan tingkat tinggi Uni Afrika. Dalam pertemuan itu, masalah hubungan Sudan dan Sudan Selatan menjadi salah satu agenda.

Sebetulnya, kedua Sudan mendapat jadwal pembicaraan di ibu kota Ethiopia, Addis Ababa pada Selasa lalu. Silang pendapat keduanya adalah Sudan Selatan menginginkan agar Sudan menghentikan pengambilalihan ladang minyaknya. Sudan Selatan minta agar ekspor minyaknya mendapat izin melalui pelabuhan Sudan.

Sebelum sengketa terjadi, kedua Sudan itu memang masih menjadi satu negara. Perpecahanlah yang membuat Sudan Selatan merasa produksi 750 barrel minyaknya per hari diambil oleh Sudan. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com