Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

142 WNI Awak Kapal Pesiar Dipindah ke Roma

Kompas.com - 18/01/2012, 21:31 WIB
Wisnu Dewabrata

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com —  Kedutaan Besar RI di Roma berhasil memindahkan 142 dari 170 orang warga negara Indonesia, awak kapal pesiar Costa Concordia, yang kandas di mulut pelabuhan Pulau Giglio, Italia, dari tempat penampungan sementara mereka di kota Grosseto ke Roma.

Dalam siaran pers KBRI di Roma yang diterima Kompas, Rabu (18/1/2012), satu orang awak kapal WNI bernama Nyoman Juniarta masih dirawat di rumah sakit Santa Maria Alle Scotte di kota Siena, sementara 27 orang lainnya menyusul dipindahkan ke Roma.

Selain itu, pihak KBRI juga memastikan antara awak kapal dan perusahaan tempat mereka bekerja itu telah dicapai kesepakatan tentang hak-hak yang akan mereka terima, baik berupa gaji maupun ganti rugi dan asuransi.

Dalam siaran pers juga disebutkan, kehilangan atau kerugian akibat kecelakaan akan diperhitungkan dan diganti perusahaan asuransi. Gaji mereka akan diberikan dalam bentuk tunai sebesar 400 euro dan sisanya ditransfer ke rekening masing-masing.

Lebih lanjut perusahaan juga berhasil menyelamatkan 37 buku paspor awak kapal WNI yang langsung dikembalikan kepada pemiliknya. Hal itu akan membantu KBRI mengurangi jumlah pengeluaran buku Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP). 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com