Suu Kyi Mendaftar Jadi Caleg

Kompas.com - 18/01/2012, 15:31 WIB
EditorKistyarini

THANLYIN, KOMPAS.com — Sorak-sorai "hidup Aung San Suu Kyi" menggema di jalan-jalan di kota Yangon, Rabu (18/1/2012), ketika ikon demokrasi Myanmar, Aung San Suu Kyi, mendaftarkan diri sebagai calon legislator pada pemilihan umum parlemen.

Para pendukung penerima Nobel Perdamaian itu berkumpul di kantor komisi pemilihan umum di Thanlyin. Mengenakan kaos bergambar Suu Kyi, mereka menyerukan dukungan sambil berusaha melihat sosok perempuan berusia 66 tahun yang menjadi tokoh paling terkenal di Myanmar selama dia menjalani penahanan rumah di bawah pemerintah yang otoriter.

Keputusan Suu Kyi untuk mencalonkan diri pada pemilu April mendatang menjadi satu bukti baru adanya perubahan di Myanmar dalam setahun terakhir. Di bawah pemerintah sipil sejak Maret 2011, Myanmar telah membebaskan ratusan tahanan politik penting, termasuk Suu Kyi; menandatangani gencatan senjata dengan suku-suku pemberontak, meningkatkan kebebasan pers, dan membuka dialog dengan Suu Kyi.

Sekalipun partai Suu Kyi menyapu bersih ke-48 kursi parlemen yang diperebutkan pada 1 April mendatang, partai tersebut masih memiliki kekuasaan minimal. Sebab, majelis rendah yang beranggotakan 440 kursi itu masih dikuasai militer dan kroni-kroni junta lama.

Meskipun demikian, kemenangan akan menjadi sesuatu yang sangat bersejarah. Kemenangan itu akan memberi kesempatan Suu Kyi, yang berpuluh tahun menjadi tahanan politik, menyuarakan pendapatnya sebagai pemimpin oposisi untuk kali pertama.

Suu Kyi mendaftarkan diri sebagai wakil daerah Kawhmu, sebuah distrik miskin di selatan Yangon. Kawasan itu merupakan salah satu daerah yang paling parah terkena Siklon Nargis pada 2008.

Suu Kyi masih harus menunggu pencalonannya diterima oleh komisi pemilu. Pengumuman itu diharapkan diumumkan bulan depan. Sampai saat ini partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), sudah memilih 44 calon legislatif untuk memperebutkan 48 kursi yang ditinggalkan anggota parlemen untuk menduduki posisi di kabinet.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.