Pekerja Proyek Pelebaran Terusan Panama Masih Mogok

Kompas.com - 18/01/2012, 11:10 WIB
|
EditorMarcus Suprihadi

PANAMA CITY, KOMPAS.com- Hingga Selasa (17/1/2012), waktu setempat, sekitar 6.000 pekerja proyek pelebaran Terusan Panama masih mogok untuk menuntut kenaikan upah. Seluruh pekerjaan dihentikan, baik di sisi Samudera Pasifik maupun Atlantik dari jalur pelayaran vital dunia tersebut.

Perwakilan para pekerja, Rolando Gonzalez, mengatakan, para pekerja meminta upah minimum dinaikkan dari 2,90 dollar AS (sekitar Rp 26.500) per jam menjadi 4,90 dollar AS per jam. Sementara untuk para pekerja berketrampilan khusus, gaji minta dinaikkan dari 3,52 dollar AS per jam menjadi 7,10 dollar AS per jam.

Para pekerja dari konsorsium multinasional Grupo Unidos Por el Canal juga mengatakan, perusahaan tersebut belum membayar sebagian uang lembur dan uang cuti. Mereka juga mengeluhkan penurunan kondisi keselamatan kerja.

Terusan di Amerika Tengah, yang menghubungkan Samudera Atlantik dan Pasifik, tersebut, sedang diperlebar untuk mengakomodasi kapal yang lebih besar dan lebih banyak. Proyek raksasa itu bernilai 5,25 miliar dollar AS, termasuk 3,2 miliar dollar AS untuk membangun pintu air ketiga.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.