Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Latih Pemantau Liga Arab untuk Suriah

Kompas.com - 17/01/2012, 16:12 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) mengatakan  pihaknya mulai melatih para pemantau Liga Arab yang mengawasi tindakan keras di Suriah selama beberapa hari.

Satu permintaan resmi bagi bantuan pelatihan itu disampaikan Liga Arab dan PBB setuju memulai pelatihan di Kairo setelah para menteri luar negeri Liga Arab bertemu akhir pekan ini, kata seorang juru bicara PBB, Vannina Maestracci kepada AFP, Selasa (17/1/2012).

Pelatihan itu akan diselenggarakan oleh staf Komisaris PBB untuk Hak Asasi Manusia (OHCHR), kata Maestracci. "Atas permintaan negara-negara Liga Arab, OHCHR setuju melatih para pemantau dan akan dan akan mengirim para anggota staf ke Kairo untuk melaksanakan pelatihan ini," tambahnya.

Satu laporan oleh misi pemantau akan diserahkan kepada para menlu Liga Arab,Kamis dan para menlu itu akan bertemu Sabtu (21/1/2012) di Kairo untuk memutuskan masa depan misi itu. Maestracci mengatakan pelatihan itu menurut rencana dimulai sebelumnya tetapi ditunda atas permintaan Liga Arab sampai setelah pertemuan para menteri itu.

PBB mengatakan pada awal Januari bahwa pihaknya siap membantu misi pemantau itu, yang menghadapi kecaman luas dari oposisi Suriah, tetapi mereka sedang menunggu satu permintaan dari Liga Arab.

Juru bicara itu tidak mengungkap jumlah pemantau akan dilatih atau berapa jumlah para ahli PBB yang akan dilibatkan. PBB mengatakan bahwa sedikitnya 5.400 orang tewas di Suriah sejak tindakan keras Presiden Bashar al-Assad terhadap protes-protes oposisi yang dimulai Maret tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com