Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebangsaan Korban Hilang Diungkap

Kompas.com - 17/01/2012, 15:58 WIB

GIGLIO, KOMPAS.com - Pencarian korban hilang dari kapal pesiar Costa Concordia yang menabrak karang di Pulau Giglio, Tuscan, Italia terus berlanjut. Pihak berwenang menyatakan hingga Selasa (17/1/2012) baru enam jenazah ditemukan sementara 29 korban lainnya masih dinyatakan hilang.

Pihak pengawas pantai juga mengungkapkan kewarganegaraan 29 orang yang hilang, yang terdiri dari 14 warga negara (WN) Jerman, enam WN Italia, empat WN Perancis, dua WN Amerika Serikat, satu WN Hungaria, dan satu WN India serta satu WN Peru.

"Kami melanjutkan upaya pencarian. Saat ini kapal dalam keadaan stabil dan kami beruntung karena cuaca sedang baik," kata Filipo Marini, juru bicara penjaga pantai. Sehari sebelumnya regu pencari harus ditarik karena kondisi cuaca yang buruk.

Kapal pesiar mewah Costa Concordia yang membawa lebih dari 4.000 penumpang dan awak kandas akibat menabrak karang pada Jumat (13/1/2012) malam. Polisi Italia telah menahan kapten kapal, Francesco Schettino, dan perwira pertama Ciro Ambrosio.

Kapten Schettino dituduh ceroboh karena melakukan manuver berbahaya sehingga menyebabkan kapal itu berlayar terlalu dekat dengan daratan hingga kapal itu menabrak karang. Schettino juga dituduh meninggalkan kapal sebelum upaya evakuasi penumpang rampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com