Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Buka Pertemuan Dewan Pangan Halal Dunia

Kompas.com - 16/01/2012, 15:49 WIB
Tomy Trinugroho A.

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com- Wakil Presiden Boediono, Senin (16/1/2012), membuka pertemuan tahunan World Halal Food Council (WHFC) atau Dewan Pangan Halal Dunia. Pertemuan ini diikuti 24 pimpinan lembaga sertifikasi halal internasional dari 14 negara.

"Forum ini dapat menjadi wahana dialog yang mendalam antara pembuat kebijakan, praktisi, akademisi, dan para pemangku kepentingan dalam menerapkan dan menghasilkan beragam produk halal untuk kepentingan yang lebih luas, sesuai dengan syariat Islam," ujar Boediono saat memberikan sambutan dalam pembukaan yang digelar di Kantor Wapres.

Hadir Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Syarifuddin Hassan, Ketua Majelis Ulama Indonesia KH Maruf Amin, dan perwakilan negara sehabat.

WHFC merupakan perhimpunan lembaga-lembaga sertifikas halal di seluruh dunia yang dibentuk pada 1999, di Jakarta. Tujuan pendirian lembaga ini adalah untuk membangun visi bersama dalam menerapkan standar sertifikasi halal.

Selama dua periode berturut-turut, kepemimpinan WHFC dipegang oleh Indonesia, yakni Hj Aisjah Girindra dan kini dijabat oleh Direktur Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, dan Kosmetika MUI (LPPOM MUI) Lukmanul Hakim. Selama masa kurun waktu tersebut, peran dan kontribusi LPPOM MUI di dunia internasional semakin diakui.

Standar sertifikasi halal yang dirancang LPPOM MUI diakui dan diadopsi oleh lembaga-lembaga sertifikasi halal dunia yang tergabung dalam WHFC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com