Kompas.com - 16/01/2012, 15:34 WIB
|
EditorA. Wisnubrata

HAIFA, KOMPAS.com — Bayangkan ketika ular masuk ke dalam rumah atau gedung. Mereka datang tanpa permisi bahkan tak selalu melewati "pintu". Mereka bisa saja datang lewat lubang ventilasi dan pipa pembuangan kotoran. Sungguh cerdik. Kecerdikan inilah yang ditiru manusia.

Biorobotics and Biomechanics Lab di Technion–Israel Institute of Technology mengembangkan robot mata-mata dengan bentuk dan kemampuan gerak secerdik ular. Robot bernama Snakebot ini tak cuma bisa bergerak segesit ular, tetapi juga bisa melakukan misi penghancuran.

Snakebot terdiri dari segmen-segmen berbahan polimer yang dihubungkan dengan sendi buatan yang fleksibel. Robot ini didayai oleh motor elektrik. Sementara itu, pergerakannya dikendalikan dengan software. Pada dasarnya, robot bisa meliuk, melilit, dan merangkak.

Kemampuan gerak robot, seperti diberitakan Popular Science, Jumat (13/1/2012), benar-benar menyerupai ular. Robot bisa menegakkan kepala seperti kobra yang mengancam mangsa untuk melihat lebih jauh kondisi markas lawan. Robot juga bisa menjatuhkan bahan peledak untuk menghancurkan musuh.

Di bagian depan robot terdapar radar kamera laser yang bisa melihat situasi lingkungan musuh. Hasil pengamatan oleh kamera adalah titik-titik yang lalu bisa diolah oleh software sehingga menjadi peta 3 dimensi. Ini memungkinkan robot menentukan daerah bahaya dan membantu navigasi.

Robot juga pintar karena memiliki sensor yang lebih pintar. Ada empat mikrofon yang dimiliki, memungkinkan robot mendeteksi adanya musuh yang mendekat. Berdasarkan suara dan gerakan musuh, robot bisa menentukan kecepatan gerak sehingga memungkinkannya bersembunyi jika diperlukan.

Dengan kemampuannya, robot ini bisa jadi salah satu robot mata-mata atau pengintai tangguh masa depan. Robot bisa menggantikan manusia dalam misi pengintaian yang sangat berbahaya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.