Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusaknya Kawasan Bandungan Sebabkan Longsor

Kompas.com - 14/01/2012, 09:45 WIB
P. Raditya Mahendra Yasa

Penulis

UNGARAN, KOMPAS.com - Hujan deras kembali sebabkan tanah longsor di Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah,Sabtu (14/1/2012).

Longsor yang terjadi Sabtu malam ini menyebabkan 1 orang tewas, 1 luka-luka dan 2 rumah rusak berat. Hujan deras yang terjadi selama berjam-jam menyebabkan sebuah tebing dengan talut setinggi 20 meter ambrol hingga menyebabkan tanah longsor.

Budi Nugroho, salah satu saksi mata bencana tersebut menceritakan, pada malam itu mendengar suara gemuruh seperti guntur. Lalu tiba-tiba tanah sudah menimpa rumah warga sedalam 2 meter.

Longsor di lokasi ini sudah terjadi untuk yang ke tiga kalinya. Pertama tahun 1992, 1997 dan terakhir semalam hingga menimbulkan korban jiwa. Warga sekitar menuding bahwa longsor kali ini disebabkan sebuah area perumahan mewah di atasnya tidak memperhatikan lingkungan seperti tanpa melengkapi dengan sabuk hijau serta drainase yang tidak memadai.

Kawasan Bandungan dalam beberapa tahun ini tumbuh pesat dengan bangunan perumahan dan villa. "Saya harap pemerintah dapat menata daerah ini yang semakin sesak dengan rumah," kata Nugroho.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com