Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Perang Spanyol Terlibat Baku Tembak

Kompas.com - 13/01/2012, 22:38 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

MADRID, KOMPAS.com -- Kapal perang Angkatan Laut Spanyol dilaporkan terlibat baku tembak dengan segerombolan perompak di lepas pantai Somalia, Kamis (12/1/2012). Satu perompak tewas dalam baku tembak itu dan enam orang lainnya ditangkap pasukan Spanyol.

Menurut Kementerian Pertahanan Spanyol, insiden tersebut terjadi Kamis pagi, saat tiba-tiba sebuah perahu bajak laut melepaskan tembakan ke kapal SPS Patino, kapal logistik AL Spanyol. Saat tembakan para perompak itu berlanjut, pasukan Spanyol membalas dengan tembakan ringan untuk menetralisasi serangan.

Patino kemudian mengirim helikopter untuk mengejar perahu bajak laut itu. Para perompak pun ketakutan dan menyerah tanpa perlawanan setelah membuang senjata-senjata mereka.

"Enam bajak laut ditahan di Patino, lima di antaranya dalam keadaan terluka. Para tahanan mengatakan, seorang kawan mereka tewas dalam insiden itu dan dibuang ke laut," demikian bunyi pernyataan Kemhan Spanyol, yang dirilis Kamis malam waktu setempat atau Jumat (13/1/2012) dinihari WIB.

SPS Patino sedang menjalankan misi di bawah Operasi Atalanta, operasi gabungan Uni Eropa untuk melindungi kapal-kapal dagang yang melewati perairan di sekitar Somalia yang rawan perompak. Menurut gugus tugas EU Navfor, kapal SPS Patino baru saja mengawal sebuah kapal yang membawa bantuan pangan World Food Programme ke Somalia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com