Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Pembawa Senjata Rusia Tiba di Suriah

Kompas.com - 12/01/2012, 21:26 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

ANKARA, KOMPAS.com -- Pejabat Turki mengatakan, sebuah kapal barang Rusia, yang diduga membawa berton-ton senjata, Kamis (12/1/2012), telah berlabuh di pelabuhan Suriah setelah otoritas Siprus melepas kapal tersebut sehari sebelumnya.

Kapal yang dimiliki perusahaan Westberg Ltd yang bermarkas di St Petersburg, Rusia, itu ditahan oleh otoritas Siprus setelah singgah di negara anggota Uni Eropa tersebut di luar jadwal yang telah ditetapkan. Kapal itu dianggap melanggar sanksi embargo senjata terhadap Suriah yang diterapkan di seluruh Uni Eropa.

Media Siprus melaporkan, kapal itu membawa puluhan ton amunisi. Pihak Siprus akhirnya melepas kapal itu setelah kapten kapal menyatakan akan mengubah tujuan akhirnya menjadi ke Turki.

Namun demikian, pejabat Kementerian Luar Negeri Turki Selcuk Unal mengatakan, menurut informasi dari Angkatan Laut Turki, kapal itu tak pernah tiba di Turki dan dilaporkan sudah merapat di pelabuhan Tartus, Suriah, Kamis.

Di Tartus, Rusia memiliki fasilitas perawatan dan perbekalan bagi kapal-kapal angkatan lautnya, yang beberapa hari lalu dikunjungi konvoi kapal perang Rusia yang sedang bermanuver di Laut Tengah.

Kapal tersebut dilaporkan telah mematikan perangkat pelacaknya dan informasi dari Turki ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com