Kapal Pembawa Senjata Rusia Tiba di Suriah

Kompas.com - 12/01/2012, 21:26 WIB
|
EditorNasru Alam Aziz

ANKARA, KOMPAS.com -- Pejabat Turki mengatakan, sebuah kapal barang Rusia, yang diduga membawa berton-ton senjata, Kamis (12/1/2012), telah berlabuh di pelabuhan Suriah setelah otoritas Siprus melepas kapal tersebut sehari sebelumnya.

Kapal yang dimiliki perusahaan Westberg Ltd yang bermarkas di St Petersburg, Rusia, itu ditahan oleh otoritas Siprus setelah singgah di negara anggota Uni Eropa tersebut di luar jadwal yang telah ditetapkan. Kapal itu dianggap melanggar sanksi embargo senjata terhadap Suriah yang diterapkan di seluruh Uni Eropa.

Media Siprus melaporkan, kapal itu membawa puluhan ton amunisi. Pihak Siprus akhirnya melepas kapal itu setelah kapten kapal menyatakan akan mengubah tujuan akhirnya menjadi ke Turki.

Namun demikian, pejabat Kementerian Luar Negeri Turki Selcuk Unal mengatakan, menurut informasi dari Angkatan Laut Turki, kapal itu tak pernah tiba di Turki dan dilaporkan sudah merapat di pelabuhan Tartus, Suriah, Kamis.

Di Tartus, Rusia memiliki fasilitas perawatan dan perbekalan bagi kapal-kapal angkatan lautnya, yang beberapa hari lalu dikunjungi konvoi kapal perang Rusia yang sedang bermanuver di Laut Tengah.

Kapal tersebut dilaporkan telah mematikan perangkat pelacaknya dan informasi dari Turki ini belum bisa dikonfirmasi kebenarannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.