Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Hongkong dengan Transportasi Umum

Kompas.com - 12/01/2012, 03:48 WIB
Oleh: Affandi Ismail
Kompasiana: affandiismail
Selama libur akhir tahun 2011, kami sekeluarga berwisata ke Hongkong dan Macau. Sejak kedatangan di Bandara Chep Lap Kok atau Hongkong International Airport (HKIA) sampai berkunjung ke berbagai tempat wisata dan belanja, kami selalu menggunakan transportasi umum.
Di Hongkong tersedia berbagai macam transportasi umum, dari yang klasik seperti trem (beroperasi sejak 1904), sampai kereta api bawah tanah modern yang menembus bawah laut menghubungkan pulau Hongkong dengan Semenanjung Kowloon dan New Territories.
Demikian mudahnya mengunjungi obyek wisata karena hampir di setiap stasiun MTR disediakan peta jaringan kereta dengan seluruh stasiun dan tempat-tempat menarik di dekat stasiun. Untuk naik semua transportasi tadi, kita tidak perlu mengeluarkan uang tunai, tetapi cukup menempelkan sebuah kartu sakti bernama “octopus”.
Salah satu tujuan wisata di Hongkong adalah “Avenue of Stars” di Tsim Sha Tsui East, tempat para selebriti film menempatkan telapak tangannya.
Lokasi ini mulai dibuka untuk umum pada April 2004 dengan tujuan memberikan penghargaan kepada insan perfilman yang telah memberikan sumbangan besar kepada dunia film di Hongkong, sekaligus memberikan obyek wisata menarik yang akan mengkokohkan posisi Hongkong sebagai Asia’s World City.
Penggemar film-film Mandarin bisa melihat telapak tangan bintang kesayangan seperti Jet Lee, Andy Lao, Samo Hung, dan Jackie Chan.
Setelah puas menyaksikan Avenue of Stars di pagi hari yang cerah, kami terus menyusuri promenade Tsim Sha Tsui East menuju Hongkong Space Museum dan terus sampai ke Star Ferry. Kemudian kami berlayar menuju Central Pier di Pulau Hongkong dalam waktu hanya sekitar delapan menit dengan menggunakan kapal Ferry. Sekali lagi tanpa mengeluarkan uang dan hanya menempelkan kartu “Octopus”.
Sebuah perjalanan liburan yang berkesan di negeri Bruce Lee.
Selengkapnya: http://kom.ps/mwih
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com