Murah-meriah untuk Kamar Mandi Sehat

Kompas.com - 11/01/2012, 14:31 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com - Cahaya alami penting untuk ruangan. Ruangan terus-menerus menggunakan cahaya buatan tanpa sirkulasi udara yang baik, justru berisiko memunculkan penyakit seperti tubercolosis (TBC) dan bakteri berbahaya yang bisa tumbuh di ruangan.

Udara yang mengalir di dalam ruangan memang penting. Tak hanya untuk mendapatkan kenyamanan, tapi juga sangat berpengaruh pada kesehatan.

Kesehatan bisa terjaga bila ruangan memiliki kelembaban (kandungan air) dan tekanan yang cukup untuk kita bernafas. Apakah pernah di antara Anda yang memasuki suatu ruangan, lalu terasa sumpek? Nah, sumpek itu muncul akibat adanya tekanan yang sangat kontras.

Tentunya, munculnya rasa sumpek tidak boleh kita dibiarkan muncul di ruangan yang kita gunakan setiap hari seperti di kamar mandi. Ruangan ini memiliki risiko untuk menjadi sumpek. Aktivitas yang bersifat privat, membuatnya cenderung lebih tertutup daripada ruang lainnya. Tak hanya dampak meningkatnya risiko bakteri, jamur pun lebih mudah tumbuh di sini, dan tentunya akan mempercepat kerusakan kamar mandi.

Namun, jangan khawatir munculnya kesumpekan itu secara berkepanjangan. Membuat bukaan yang memiliki sirkulasi udara silang, dan akses cahaya menjadi solusi "murah-meriah". Cara ini seharusnya bisa Anda persiapkan sebelum memiliki kamar mandi.

Tapi, jika sudah terlanjur memiliki kamar mandi tertutup, Anda bisa membuat bukaan pada dinding yang berbatasan dengan ruang lebih luas. Hal ini agar timbul perbedaan tekanan udara yang menimbulkan gerakan aliran udara. Lebih baik lagi, jika bukaan tersebut ke arah luar bangunan, karena udara segar bisa lebih cepat bertukar. (Indra Zaka Permana)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.