Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Heidi Datang, Australia Tutup Pelabuhan

Kompas.com - 11/01/2012, 13:47 WIB
Dahono Fitrianto

Penulis

PERTH, KOMPAS.com -- Otoritas transportasi Australia menutup Port Hedland, salah satu terminal ekspor bijih besi terbesar di dunia, Rabu (11/1/2012), untuk berjaga-jaga menghadapi Siklon Heidi yang makin mendekat.

Angin topan tersebut diperkirakan menerjang daratan Australia Barat pada Kamis (12/1/2012) pagi, dengan kecepatan mencapai 100 kilometer per jam dan membawa serta hujan deras dan gelombang pasang.

"Kami telah membersihkan jalur pelabuhan dari kapal yang mau masuk maupun keluar," tutur juru bicara Otoritas Pelabuhan Port Hedland Steed Farrell.

Berbagai raksasa perusahaan pertambangan yang beroperasi di daerah itu juga mulai bersiap-siap menghadapi topan. Rio Tinto dan Fortescue Metals, yang menambang bijih besi di kawasan Pilbara, telah menghentikan pemuatan bijih besi ke dalam kapal, meski kegiatan pertambangan mereka terus berlangsung seperti biasa.

Perusahaan Santos Ltd menutup ladang minyak Mutineer-Exeter untuk sementara, dan Woodside Petroleum menangguhkan operasi di beberapa ladang minyaknya.

Warga di kawasan tersebut juga sudah diperintahkan bersiap-siap menghadapi siklon dengan menyiapkan cadangan bahan pangan darurat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com