Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sulut Layak Menggelar Acara Kelas Dunia

Kompas.com - 10/01/2012, 23:52 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Mari Elka Pangestu mengakui Provinsi Sulawesi Utara sudah sangat layak menjadi tempat pergelaran acara berkelas dunia.

"Salut terhadap peran pemerintah daerah dalam menyukseskan acara bertaraf internasional, Sulut memang sudah layak menggelar acara berkelas dunia seperti ATF ini," kata Mari Elka Pangestu ketika tiba di Bandara Sam Ratulangi, Manado, Selasa (10/1/2012) sore.

Menparekraf mengatakan, salah satu pertimbangan sehingga ATF dilaksanakan di Manado, karena diakui Sulut telah menjadi salah satu destinasi Meeting, Incentive, Convention and Exhibition (MICE) kelas dunia.

Daerah ini, kata Mari, terus berkembang menjadi salah satu destinasi yang membanggakan di Indonesia, karena itu menjadi salah satu daerah tujuan untuk pelaksanaan berbagai kegiatan berskala internasional.

Menurut Mari, pelaksanaan kegiatan internasional diharapkan akan memacu perekonomian Sulawesi Utara. "Ada banyak multiplier effect dampak pelaksanaan ATF, banyak peserta akan membelanjakan uang mereka di daerah ini, karena itu berharap kegiatan ini memberi dampak terhadap perekonomian daerah," katanya.

Mari memaparkan, pada ajang ATF ini juga digelar pameran dan bursa pariwisata atau Travel Exchange (TRAVEX) yang mempertemukan antara pembeli dan penjual pariwisata ASEAN dan mancanegara. Kedatangan Menparekraf di Bandara Sam Ratulangi dijemput Gubernur Sulut, Sinyo H Sarundajang. Rabu (11/1/2012), Menparekraf dijadwalkan membuka Senior Official Meeting ATF antar-menteri pariwisata ASEAN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com