Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
PARIWISATA

30.000 Wisman dari ASEAN Tourism Forum

Kompas.com - 10/01/2012, 21:30 WIB
Eny Prihtiyani

Penulis

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara, SH Sarundajang, mengharapkan, perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manado, bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Ia mentargetkan 20.000-30.000 wisman dalam acara tersebut. "Kontribusi pariwisata bagi pendapatan asli daerah (PAD) memang masih kecil yakni sekitar 15 persen dari Rp 600 juta. Namun ke depan kami yakin kontribusinya akan terus naik," ujar Sarundajang, di Manado, Selasa (10/1/2012).

Indikator membaiknya kontribusi pariwisata, bisa dilihat dari akses penerbangan yang semakin terbuka. Setidaknya ada tiga jalur penerbangan internasional, yang saat ini tersedia di Sulawesi Utara. Kondisi itu akan memacu arus kunjungan wisman.

"Tahun ini target kami bisa mendapatkan 100.000 wisman. Dengan bekal kekayaan keindahan alam laut, kami yakin bisa meraihnya," ujar Sarundajang.

Wardiyatmo, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menambahkan, dalam ASEAN Tourism Forum digelar pertemuan dengan negara mitra.

Negara-negara ASEAN sepakat untuk membidik wisatawan mancanegara dari sejumlah negara mitra. China, India, Korea, dan Rusia menjadi prioritas utama, karena jumlah wisman dari ketiga negara tersebut menunjukkan tren naik.

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com