30.000 Wisman dari ASEAN Tourism Forum

Kompas.com - 10/01/2012, 21:30 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

MANADO, KOMPAS.com - Gubernur Sulawesi Utara, SH Sarundajang, mengharapkan, perhelatan ASEAN Tourism Forum (ATF) di Manado, bisa mendongkrak kunjungan wisatawan mancanegara (wisman).

Ia mentargetkan 20.000-30.000 wisman dalam acara tersebut. "Kontribusi pariwisata bagi pendapatan asli daerah (PAD) memang masih kecil yakni sekitar 15 persen dari Rp 600 juta. Namun ke depan kami yakin kontribusinya akan terus naik," ujar Sarundajang, di Manado, Selasa (10/1/2012).

Indikator membaiknya kontribusi pariwisata, bisa dilihat dari akses penerbangan yang semakin terbuka. Setidaknya ada tiga jalur penerbangan internasional, yang saat ini tersedia di Sulawesi Utara. Kondisi itu akan memacu arus kunjungan wisman.

"Tahun ini target kami bisa mendapatkan 100.000 wisman. Dengan bekal kekayaan keindahan alam laut, kami yakin bisa meraihnya," ujar Sarundajang.

Wardiyatmo, Sekretaris Jenderal Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menambahkan, dalam ASEAN Tourism Forum digelar pertemuan dengan negara mitra.

Negara-negara ASEAN sepakat untuk membidik wisatawan mancanegara dari sejumlah negara mitra. China, India, Korea, dan Rusia menjadi prioritas utama, karena jumlah wisman dari ketiga negara tersebut menunjukkan tren naik.

 

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    27th

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads
    Verifikasi akun KG Media ID
    Verifikasi akun KG Media ID

    Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

    Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.