Pengampunan di Hari Kelahiran Kim Jong Il

Kompas.com - 10/01/2012, 14:17 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com — Korea Utara akan mengeluarkan pengampunan khusus untuk para narapidana dalam rangka peringatan hari kelahiran mendiang Kim Il Sung dan Kim Jong Il, media pemerintah Korean Central News Agency (KCNA) mengumumkan, Selasa (10/1/2012).

Pengampunan itu akan diberikan mulai 1 Februari berdasarkan dekrit Presidium Majelis Rakyat Tertinggi. Namun, KCNA tidak menjelaskan pelaku jenis kejahatan apa saja yang berhak mendapat pengampunan ataupun jumlah narapidana yang dibebaskan.

Keputusan itu dimaksudkan untuk menandai 70 tahun kelahiran Kim Jong Il yang jatuh pada Februari 2012 mendatang serta peringatan 100 tahun kelahiran ayahnya, Kim Il Sung, pada bulan April.

Hari ulang tahun keduanya merupakan dua hari besar nasional terbesar di Korea Utara. Pyongyang sudah menggembar-gemborkan seabad kelahiran Kim Il Sung sebagai tonggak penting bagi sejarah negara itu.

Kim Jong Un sendiri diyakini berulang tahun ke-28 atau ke-29 pada Minggu (8/1/2012) lalu. Namun, hingga saat ini hari kelahirannya itu belum dijadikan hari besar nasional.

Korea Utara beberapa kali memberi grasi pada hari-hari penting nasional. Kementerian Unifikasi Korea Utara mengatakan, terakhir kali Korea Utara memberi pengampunan serupa adalah pada Agustus 2005 dalam peringatan 60 tahun kemerdekaan Korea dari penjajahan Jepang.

Sementara itu, Korea Selatan juga akan memberi pengampunan serupa. Kementerian Kehakiman Korea Selatan mengumumkan, Selasa (10/1/2012), sebanyak 955 terpidana akan mendapat grasi pada Tahun Baru Imlek akhir bulan ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.