Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Potensi Pengalihan Dana ke Pasar Asia

Kompas.com - 10/01/2012, 08:49 WIB
Robertus Benny Dwi Koestanto

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi perekonomian Eropa masih belum jelas. Hal itu bisa memicu pengalihan dana atau modal ke Amerika Serikat yang dari data terlihat mulai membaik perekonomiannya. Potensi dana itu ke Asia, termasuk Indonesia, juga besar.  

 

Ekonom Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih, Selasa (10/1/2012) menyatakan, ada potensi perbaikan sentimen di pasar AS karena ada ekspektasi terhadap laporan keuangan perusahaan AS untuk kuartal keempat tahun 2011 membaik sesuai dengan perbaikan data-data ekonomi AS yang disertai dengan perbaikan di pasar tenaga kerja.  

 

Tingkat pengangguran AS pada bulan Desember turun dari 8,6 persen menjadi 8,5 persen . Tetapi di saat yang sama, pembicaraan dua pemimpin Jerman dan Perancis sepakat untuk menerapkan pajak transaksi sebesar 0,1 persen pada setiap transak si saham dan obligasi, dan 0,01 persen untuk transaksi derivatif.  

 

Potensi penerimaan pajak tersebut bisa mencapai 55 miliar euro (71 miliar dollar AS). Menurut Lana, investor kemungkinan akan bereaksi negatif dengan hasil pembicaraan tersebut.   

 

"Namun ini justru menjadi potensi pengalihan dana setidaknya dari Perancis dan Jerman ke AS maupun emerging market Asia termasuk Indonesia," kata Lana. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com