Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Guinea-Bissau Meninggal Dunia

Kompas.com - 09/01/2012, 22:59 WIB
Pieter P Gero

Penulis

BISSAU, KOMPAS.com Presiden Malam Bacai Sanha yang mengambil alih kekuasaan di Guinea-Bissau, negara kecil di Afrika Barat, pada dua tahun lalu setelah presiden sebelumnya terbunuh, diberitakan meninggal dunia pada Senin (9/1/2012) ini.

Radio nasional Guinea-Bissau melaporkan berita kematian ini. Namun penyebab kematian tidak dilaporkan. Presiden Sanha belakangan sering berobat ke luar negeri.

Kantor berita AP melaporkan, Sanha memenangkan pemilihan presiden di negara berpenduduk 1,6 juta jiwa itu lewat transisi kekuasan damai.

Sejak merdeka dari Portugal pada 1974, negara ini selalu dilanda aksi kudeta, dan menjadi salah satu titik transit para pedagang obat terlarang, terutama mereka yang membawa kokain ke Eropa.

Peran dan prestasi Sanha sebagai presiden tidak banyak diketahui. Namun, dia diketahui sering berobat ke luar negeri, yang dikatakan untuk memeriksa kesehatan. Pada Agustus 2009, dia dirawat lebih dari tiga pekan di Dakar, ibu kota Senegal, yang bertetangga dengan Guinea-Bissau.

Seorang diplomat mengatakan, Presiden Sanha belakangan ini terbang ke Dakar menggunakan pesawat pribadi, terutama untuk perawatan sakit diabetes yang diidapnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com