Presiden Guinea-Bissau Meninggal Dunia

Kompas.com - 09/01/2012, 22:59 WIB
|
EditorAgus Mulyadi

BISSAU, KOMPAS.com Presiden Malam Bacai Sanha yang mengambil alih kekuasaan di Guinea-Bissau, negara kecil di Afrika Barat, pada dua tahun lalu setelah presiden sebelumnya terbunuh, diberitakan meninggal dunia pada Senin (9/1/2012) ini.

Radio nasional Guinea-Bissau melaporkan berita kematian ini. Namun penyebab kematian tidak dilaporkan. Presiden Sanha belakangan sering berobat ke luar negeri.

Kantor berita AP melaporkan, Sanha memenangkan pemilihan presiden di negara berpenduduk 1,6 juta jiwa itu lewat transisi kekuasan damai.

Sejak merdeka dari Portugal pada 1974, negara ini selalu dilanda aksi kudeta, dan menjadi salah satu titik transit para pedagang obat terlarang, terutama mereka yang membawa kokain ke Eropa.

Peran dan prestasi Sanha sebagai presiden tidak banyak diketahui. Namun, dia diketahui sering berobat ke luar negeri, yang dikatakan untuk memeriksa kesehatan. Pada Agustus 2009, dia dirawat lebih dari tiga pekan di Dakar, ibu kota Senegal, yang bertetangga dengan Guinea-Bissau.

Seorang diplomat mengatakan, Presiden Sanha belakangan ini terbang ke Dakar menggunakan pesawat pribadi, terutama untuk perawatan sakit diabetes yang diidapnya.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X