Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Salju Timbun Kota Nelayan di Alaska

Kompas.com - 09/01/2012, 22:41 WIB
Pieter P Gero

Penulis

ANCHORAGE, KOMPAS.com Puluhan tentara anggota Garda Nasional, Senin (9/1/2012), dilaporkan telah dikerahkan ke kota nelayan Cordova di Alaska, Amerika Serikat, guna membantu warga setempat menggali dan menyingkirkan gumpalan salju raksasa yang menimpa sebagian besar rumah di desa nelayan itu.

Sejumlah orang dilaporkan terjebak di dalam rumah-rumah. Dilaporkan telah terjadi longsoran salju di sana.

Personel Garda Nasional melaporkan, salju yang terus turun dalam beberapa pekan ini membuat ketebalan salju di desa itu lebih dari 18 kaki atau sekitar 5,5 meter. Badan Cuaca Nasional tidak bisa merinci berapa besar curah salju yang turun di daerah itu dalam beberapa pekan ini.

"Tidak bisa bergerak ke mana-mana karena hadangan salju yang begitu tinggi," ujar Wendy Rainney, pemilik Orca Adventure Lodge.

Sebuah bangunan gudang, yang berisi peralatan yang disiapkan untuk keperluan tur memacing, kayak, dan melihat gletser, roboh akibat beratnya salju di atap bangunan. "Terlalu banyak salju sehingga sulit diatasi," ujarnya.

Pejabat setempat sejauh ini menegaskan, sedikitnya tiga bangunan roboh atau roboh sebagian, dan sekitar enam rumah roboh karena tertimbun salju.

Pejabat kota telah membangun tempat penampungan di sebuah pusat rekreasi lokal. Namun, banyak penduduk mengungsi dari rumah mereka karena terancam longsoran salju dan tinggal bersama penduduk lainnya.

Juru bicara Kota Cordova, Allen Marquette, sebagaimana dikutip kantor berita AP, mengatakan, mereka juga siap membangun tempat penampungan bagi binatang piaraan.

Pihak kota ini pekan lalu sudah mengeluarkan peringatan bencana, setelah tiga pekan, salju terus turun tanpa henti dan menutup sebagian besar kota itu. "Kami tak punya alternatif, selain menyatakan keadaan darurat. Ini soal keselamatan jiwa manusia," ujar Wali Kota Cordova Jim Kallander.

Hujan salju terus turun sepanjang hari Minggu, membuat sejumlah kota di kawasan terputus. Cordova terutama paling memprihatinkan karena seluruh jalan ke kota ini terputus, kecuali lewat kapal dan pesawat.

Thomas Katkus, pejabat Garda Nasional Alaska, menegaskan, lebih dari 70 anggota Garda Nasional tiba di Cordova dengan feri pada hari Minggu.

Sekitar 50 anggota Garda Nasional ini membersihkan salju dari atap rumah dan bangunan, jalan dan kapal-kapal nelayan, serta memberikan bantuan kepada penduduk yang terkepung atau terbenam salju. Sejauh ini tidak dilaporkan adanya korban cedera atau tewas. Cordova sekitar 240 kilometer tenggara Anchorage, Alaska.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com