Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Kepincut Hummer Seken AS

Kompas.com - 09/01/2012, 13:39 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Israel ternyata kepincut Jip Hummer seken asal AS. Menurut warta media Yediot Aharonot, kemarin, ada kebutuhan sekitar 2.500 unit kendaraan ini dari pihak militer Israel. Makanya, Israel mencantumkan rencana pembelian kendaraan taktis tersebut sebagai bentuk kerja sama bilateral.

Jip Hummer seken itu pernah dipakai AS dalam kancah perang di Irak dan Afganistan. Lantaran perannya di dua negara itu kian susut, AS menarik seluruh peralatan tempurnya. Termasuk, kendaraan segala medan (ATV) tersebut.

Khusus dari Irak, AS sejak Desember tahun lalu sudah memulangkan semua Jip Hummer itu. Kebetulan, kendaraan-kendaraan itu masih laik pakai lantaran kapasitas jarak tempuhnya relatif masih sedikit. "Ini sesuai dengan kebutuhan Pasukan Pertahanan Israel (IDF)," tulis Yediot Aharonot.

IDF memang selama ini mengoperasikan Jip Hummer bikinan AS tersebut. Di negara asalnya Hummer lebih dikenal sebagai Humvees alias High Mobility Multi-purpose Wheeled Vehicles. Namun, tak ada data soal jumlah Hummer yang dipakai Israel tersebut.

AS memanfaatkan Hummer sebagai kendaraan pengangkut personel maupun barang militer. Kendaraan itu dimodifikasi dengan pelat baja, kaca antipeluru, dan kelengkapan lain untuk menghindari serangan gerilyawan. Dalam perang, nyatanya, Hummer, acap rontok oleh hantaman bom pinggir jalan dan granat.

Israel terkait pembelian ini juga tak mewartakan jumlah pengeluaran. Tapi, rata-rata, perdagangan piranti perang negara itu dengan AS menyedot duit 3 miliar dollar AS, per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com